Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

indahnya wana wisata palutungan


Ada satu tempat bagus di Kuningan, yaitu Bumi Perkemahan Palutungan dan Curug Ciputri. Tapi, hati-hati, di sana angker meski banyak pengunjungnya," kata seorang teman ketika ditanya tentang tempat wisata yang menarik dikunjungi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


Kepopuleran tentang keangkeran itu membuat tempat tersebut pernah dijadikan lokasi program uji keberanian yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta.

Kesan mistis adanya seorang putri yang menunggu daerah itu membuat banyak pengunjung yang datang dengan berbagai alasan lebih dari sekadar berwisata. Ada yang ingin segera dapat jodoh atau pekerjaan setelah mandi di bawah curug (air terjun). Aktivitas itu akan terasa ketika mendekati bulan puasa atau hari tertentu yang dikeramatkan.

Sardjono, bekas penjaga bumi perkemahan dan curug tersebut, mengemukakan, banyak warga masyarakat dan pengunjung yang menganggap tempat itu perlu didatangi, khususnya bagi mereka yang ingin meminta berkah. Padahal, katanya, semuanya itu tidak benar. Tempat tersebut murni sebagai lokasi air terjun yang bisa dinikmati untuk melepas penat dan melupakan sejenak aktivitas sehari-hari.

"Tapi, lama kelamaan anggapan itu mengganggu juga. Banyak calon pengunjung takut datang ke sini. Mereka takut terjadi sesuatu yang buruk," kata Sardjono lagi


Indah, tapi kalah terkenal

Bumi Perkemahan Palutungan dan Curug Ciputri terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini berada 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ini merupakan salah satu alternatif tempat liburan yang ada di Kuningan.

Meski mempunyai pemandangan indah, nama kedua tempat ini tidak sehebat tempat wisata lain di Kuningan, seperti Waduk Darma, Curug Si Domba, Sumur Tujuh Cibulan, Taman Purbakala Cipari, Kolam Ikan Dewa Cigugur, Gedung Linggarjati, dan Telaga Remis. Mitos keangkerannya sering kali lebih mudah dikenali ketimbang keindahannya.

Pemandangan dan aktivitas warga setempat dalam perjalanan ke lokasi itu merupakan sesuatu yang jarang ditemukan di kota besar.

Di kanan dan kiri jalan sekitar kaki Gunung Ciremai (3.078 mdpl), misalnya, banyak sekali lahan yang ditanami sayur-mayur dan budi daya sapi perah. Bahkan, jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan pemanenan, pembersihan sayuran, dan pendistribusian sayuran tersebut. Sementara itu, pemeluk agama Katolik, jika ingin sekaligus mendapatkan wisata religius, bisa menyempatkan diri ke Goa Maria Totombok, Cisantana.

"Tempat ini juga merupakan satu dari tiga jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai. Meski merupakan jalur terpanjang, pendaki lebih memilih lewat sini karena merupakan rute paling mudah," kata Sardjono menceritakan.

Untuk bisa sampai ke bumi perkemahan dan Curug Ciputri, calon pengunjung dari Cirebon bisa melewati kota Kuningan yang berada di ketinggian 466 mdpl menuju Kecamatan Cigugur. Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa menggunakan bus atau angkutan yang disebut travel (minibus).

Pengunjung asal Bandung bisa menggunakan bus ekonomi dengan tarif Rp 20.000 atau Rp 30.000 (bus eksekutif) menuju Cirebon. Dari Terminal Cirebon, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Kuningan yang biayanya Rp 5.000 per orang. Di Kuningan pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum bernomor 16 jurusan Kuningan-Palutungan.

Pengunjung asal Jakarta bisa menggunakan bus ekonomi (jurusan Kuningan) dengan tarif Rp 30.000 atau bus eksekutif yang bertarif Rp 40.000. Dari Kuningan, pengunjung bisa menggunakan jalur yang sama dengan jurusan Kuningan-Palutungan. Tarifnya Rp 2.000-Rp 3.000 per orang.

"Atau, bila mau, pengunjung yang datang dalam jumlah tidak besar bisa menggunakan ojek motor setibanya di Kuningan. Meski tarif lebih mahal, Rp 10.000-Rp 20.000 per orang, pengunjung bisa merasakan langsung angin sejuk selama perjalanan," tutur Sardjono.
Sesampainya di Palutungan, pengunjung yang datang dalam jumlah besar biasanya langsung memesan tempat untuk berkemah. Namun, pengunjung dalam kelompok kecil dan tidak ingin menginap bisa langsung ke Curug Ciputri.

Sardjono menambahkan, Bumi Perkemahan Palutungan dan Curug Ciputri merupakan tempat di Kuningan yang sepenuhnya dibuat oleh alam. Bumi perkemahan dibuka terlebih dahulu sekitar tahun 1984, sedangkan kawasan Curug Ciputri dibuka untuk umum pada tahun 1989.
Dengan luas sekitar 9 hektar dan dikelilingi pohon pinus, bumi perkemahan menjadi tempat menarik untuk menghabiskan malam. Bahkan, bila jenuh, malam hari pengunjung bisa keluar dari area perkemahan untuk melihat gemerlap lampu Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan dari jalan Desa Palutungan.

Setelah menikmati malam, pagi harinya pengunjung bisa mandi di bawah curug yang mempunyai mata air jauh di dalam hutan Gunung Ciremai. Mereka yang ingin menikmati sensasi lebih bisa mandi di bawah curug yang ketinggiannya mencapai 12 meter.
Mereka yang ingin berendam bisa memanfaatkan bendungan air yang terdapat di undakan kedua aliran sungai.

"Jalan yang kami buat diusahakan tetap alami. Kami menyusunnya dari tanah dan bebatuan kali. Hal ini harus kami buat karena, selain jalan ini, tidak ada jalan sama sekali menuju ke bawah," kata Sardjono lagi.

Wana Wisata Palutungan

Keadaan umum
Luas wisat Palutungan adalah 9.3ha terletak di RPH Cigugur BKPH Linggarjati, KPH Kuningan. Secara administrasi pemerintahan terletak di Kecamatan kuningan, Kabupaten Kuningan.

Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.100-1150m dpl, konfigurasi lapangan umumnya berbukit. Kawasan ini mempunyai curah hujan 3.000mm/tahun dengan suhu udara 24-27C

Potensi kawasan
Wana wisata ini terdiri dari 9ha hutan tanaman (pinus merkusi), sumber air yang ada berupa mata air gejala alam/ potensi visual lansekap didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah hutan tanaman.

Potensi Wisata
WAna wisata ini digunakan untuk wisata harian dan wisata berkemah. Kegiatan wisata harian yang dapat dilakukan adalah piknik dan olahraga volley ball.

Fasilitas

Jenis fasilitas yang ada adalah loket karcis, papan petunjuk, pusat informasi, instalasi air, shelter, tempat parkir, tempat duduk, MCK, lapangan uparan, lapangan volley, umumnya fasilitas tersebut dalam keadaan kurang terawat.

Aksesbilitas

Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cigugur (8km) Kabupaten Kuningan (11km). Kondisi jalan umumnya baik (beraspal), dapat dilalui kendaraan roda empat.

2 comments for "indahnya wana wisata palutungan"

  1. bicara tentang mistis sebenarnya di tempat wisata cirebon cukup banyak lho yang seperti ituh

    ReplyDelete
  2. Tempatnya indah sekali.
    Suhu udara yang dingin biarpun di siang hari, hutan pinus, suara binatang kecil khas hutan, dan masih banyak lagi keindahan yang bisa menghilangkan stress.

    ReplyDelete