Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DAMPAK MENGKONSUMSI ALKOHOL/MINUMAN KERAS

Konsumsi minuman beralkohol bagi wanita yang sedang hamil akan merusak sang jabang bayi. Penelitian yang dilakukan oleh Julie Croxfor dari Wayne State University School of Medicine di Detroit (AS) menunjukkan bahwa konsumsi itu akan berdampak pada kemampuan kognitif anak dikemudian hari.

Menurut Julie, selain masalah koginitif anak yang lahir dari seorang ibu yang mengkonsumsi minuman beralkohol saat hamil juga akan mengalami masalah dengan rendahnya perhatian dan reaksi.

"Implikasi yang tepat dari anak yang dikandung oleh seorang ibu dengan konsumsi minuman beralkohol akan membuat sejumlah masalah yang sangat kompleks,' tutur Julie Croxford.

"Hal yang membuat anak-anak akan mengalami tantangan yang lebih berat dalam interaksinya di sekolah.'

Hasil penelitian Julie Crocford dipublikasikan melalui `the journal Alcoholism: Clinical & Experimental Research` edisi Agustus.

Studi melibatkan 337 anak yang berusia 7.5 tahun yang memiliki catatan saat dikandung.

Anak-anak ini menghadapi tantangan yang besar karena proses kognitig yang sangat lambat serta bereaksi yang buruk.

Empat kemampuan kognitif pada anak-anak yang diteliti ini termasuk : scanning memory jangka pendek, rotasi mental, perbandingan jumlah dan proses perbedaan.

Mattwe J Burden yang menjadi rekan penelitian ini mengatakan bahwa anak-anak ini akan mengalami pemahaman yang lemah pada proses perhitungan.

Kemampuan dalam aritmatika misalnya merupakan sebuah jenis kemampuan bentuk verbal yang dipadukan dengan kemampuan kognitif.

Konsumsi alkohol selama kehamilan berlangsung sudah lama diketahui banyak menyebabkan dampak buruk seperti dampak fisik dan mental.

Wanita yang tetap mengkonsumsi alkohol (meski semakin hari semakin turun) selama hamil disarankan untuk mengurangi kebiasaan itu karena dampak yang terjadi pada janin sangatlah berarti


Selama ini dampak negatif dari konsumsi alkohol berlebih yang paling banyak diketahui orang adalah mabuk semata, dan itupun dapat hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata efek negatif itu tidak berhenti sampai disitu saja.Tak sekedar menyebabkan mabuk, alkohol juga memiliki dampak negatif lain bagi tubuh.

Berikut ini adalah pengaruh buruk akohol bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya:

· Mabuk: Konsumsi alkohol yang banyak dapat membuat mabuk dan menyebabkan korban mengalami sakit kepala, mual, muntah serta nyeri pada bagian tubuh tertentu.

· Berat badan naik: Karena pada umumnya minuman beralkohol memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.

· Tekanan darah tinggi: Alkohol merupakan pemicu tekanan darah.

· Sistem kekebalan tubuh menurun: Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka tubuh anda akan mudah terserang infeksi.

· Kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan & gangguan hati: Semakin sering dan semakin banyak jumlah alkohol yang anda konsumsi, semakin besar pula resiko anda terjangkit kanker, penyakit jantung, gangguan pernafasan dan gangguan pada organ hati.

Mengonsumsi minuman beralkohol itu boleh-boleh saja, apalagi saat berkumpul dengan teman dan relasi. Tapi anda harus ingat: semua ada batasannya. Sayangilah tubuh anda.






Konsumsi minuman beralkohol sebanyak dua gelas atau lebih per hari dapat meningkatkan faktor risiko aneurisma aorta abdominal pada pria. Demikian laporan para ilmuan Harvard yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology edisi April 2007.

Aneurisma aorta abdominal (AAA) terjadi ketika dinding aorta – pembuluh darah arteri terbesar dalam tubuh manusia yang mengalirkan darah ke jantung – meregang atau melemah ketika melewati abdomen (perut). Pompaan darah melalui arteri tersebut dapat menyebabkan dinding yang telah lemah menjadi melembung dan dapat pecah sehingga menyebabkan kematian pada sebagian besar pasien.

Dr. Daniel R. Wong dari Harvard School of Public Health di Boston melakukan analisa data kohort dari 39.000 pria ,termasuk 376 diantaranya yang baru didiagnosa menderita kasus AAA, pada tahun 1986 sampai 2002.

Setelah memperhitungkan berbagai faktor risikoyang lain, termasuk merokok dan tekanan darah tinggi, mereka menemukan kaitan langsung antara konsumsi alkohol dan diagnosa AAA. Hubungan tersebut bahkan lebih kuat ketika para peneliti memperoleh data konsumsi alkohol terbaru.

Ketika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum alkohol, orang yang meminum alkohol sebanyak 2 gelas (30g) per hari mempunyai risiko AAA sebanyak 21 persen lebih tinggi.

Para peneliti mencatat bahwa dibandingkan dengan anggur dan bir, cairan alkohol (liquor) menunjukkan hubungan terkuat dengan AAA.

Ilmuan tersebut menyatakan,”Konsumsi alkohol ringan tidak menunjukkan bahaya maupun manfaat terhadap aneurisma.”

Dr. Wong mengatakan kepada Reuters Health bahwa hasil penemuan ini harus dipandang dalam konteks manfaat konsumsi alkohol terhadap risiko penyakit kardiovaskular yang ditemukan akhir-akhir ini dan diperlukan bukti-bukti lebih lanjut untuk mengkonfirmasikan kedua penemuan yang bertolak-belakang tersebut.

Ia menambahkan,” Namun demikian, hasil penelitian ini meningkatkan kewaspadaan dan merupakan peringatan terhadap konsumsi alkohol dalam jumlah yang lebih tinggi pada pria yang mungkin telah mengalami atau mempunyai risiko aneurisma aorta.”


23 comments for "DAMPAK MENGKONSUMSI ALKOHOL/MINUMAN KERAS"

  1. MANFAAT ALKOHOL

    1.minum alkohol dapat menenangkan jiwa yang gelisa jika ada orang mabuk marah2 itu orang cuma cari sensasi saja karna alkohol akan merangsank hormon anti setres sehingga orang yang meminumnya akan merasa fun,
    2. minum segelas alkohol setiap hari dapat menurunkan berat badan,
    3. minum arak dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh,
    4.minum anggur menyehatkan tubuh,
    5.alkohol yang dicampur susu dapatmenyembuhkan alergi pada bayi,
    6.minumlah alkohol secara rutin maka dirimu akan sehat.

    ReplyDelete
  2. alkohol memabukkan tapi bikin kangen bro,,,hehehhee

    ReplyDelete
  3. yup!minum alkohol seh boleh2 aja, asal tau kemampuan diri! try to be a drinker not a drunker!

    ReplyDelete
  4. hahhaa,,,,
    alkohol memang memabukkan,,,
    tapi jangan sampe memabkkan hati,,,
    cz hati kita klo sudah dimabuk akan sulit buat menetralisrnya
    hahhaha

    ReplyDelete
  5. mabuk bisa menambah daya tahan penis dalam bercinta....
    tp inget jika kelebihan malah gak bisa bangkit....

    hehehee....

    ReplyDelete
  6. memang benar, peredaran minuman alkohol harus dihentikan di Indonesia, jika ingin generasi muda indonesia bersaing di ilmu pengetahuan dunia............begitu juga di Papua

    ReplyDelete
  7. tq, ini membantu tgsq kk

    ReplyDelete
  8. jika ada cara menghilangkan stres yang laen knpa harus minum minuman keras.
    ya g'???

    ReplyDelete
  9. biardah aq gk ngrambang . . . .
    arak no 1

    ReplyDelete
  10. boleh di salin ga?? buat nyadarin temen2 w..betapa meruginya org2 yg meminum miras...

    ReplyDelete
  11. good work bro. moga sadar semuanya ya. alkohol diharamkan karna isinya cuma masalah aja. yang diterangkan masnya resiko jangka panjang. ada juga lo resiko jangka pendeknya. itung aja berapa banyak angka kecelekaan di indonesia. 38% karena mabuk.

    ReplyDelete
  12. miNuman keras memang is the best,,,,

    ReplyDelete
  13. silakan yg mau copas asal masukan sumber:)

    ReplyDelete
  14. Alkohol dapat memperpendek umur peminum....
    yaitu sakit dan mati.....

    ReplyDelete
  15. thanks ini mmbntu tgas q d sklh,,,,,! knp sih hrs ada mnuman alkohol? jd tmbah dosa nih buat masyrakat dunia. produksi mnuman kras hrs d hntikan biar nggak mrusak gnerasi bangsa! alkohol "HARAM"

    ReplyDelete
  16. ngapain juga pake minum alkohol, secara psikologis aja itu merusak mental apalagi secara kesehatan, alkohol dapat dikonsumsi dengan kadar rendah dan walau itu bisa secara teori namun ada agama yang mengatur lebih lanjut, dan segala aturan akan memiliki konsekuensi.

    ReplyDelete
  17. Efek baik jangka pendek konsumsi alkohol: perasaan nyaman, menurunnya tingkat stres, euforia, perasaan optimis, sosiabilita dlsb.

    ReplyDelete